Mengenal Lebih Dekat Sistem Pendidikan Di Finlandia

Salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia adalah Finlandia. Negara kecil di Eropa ini sangat maju.

Yang paling terkenal ke seluruh dunia dari Finlandia adalah ponsel Nokia, game Angry Bird dan pemandangan aurora yang mengagumkan.

Kemajuan negara ini tidak lepas dari peran pemerintah Finlandia yang secara serius ikut serta dalam memajukan sistem pendidikan di negaranya.

Siatem pendidikan di Finlandia terbaik di dunia
Suasana belajar di Finlandia
Gambar: bangka.tribunnews.com

Sehingga tak heran jika Finlandia masuk ke dalam 10 besar sistem pendidikan terbaik dunia berdasarkan penilaian OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development).

Nah penasaran bukan bagaimana sistem pendidikan di negeri Angry Bird ini sehingga dikategorikan sebagai sistem pendidikan terbaik di dunia?

Disini Caredoks akan memperkenalkan lebih dekat bagaimana sistem pendidikan di Finlandia yang dirangkum dari Hipwee.

Finlandia dengan sistem pendidikan terbaiknya di dunia

Mungkin kita akan sedikit terkejut dengan sistem pendidikan di Finlandia yang cukup berbeda dari negeri kita dan bahkan ada yang cenderung kebalikan dari pendidikan yang diterapkan di Indonesia.

Inilah beberapa sitem pendidikan yang diterapkan di Finlandia.

1. Anak-Anak Baru Boleh Bersekolah Setelah Berusia 7 Tahun

Berbeda dengan Indonesia yang sekarang ini pada umumnya orang tua sudah sangat sibuk mencari sekolah pre-school atau PAUD saat anak menginjak usia 3/4 tahun, di Finlandia nenurut hukum anak-anak mulai diperbolehkan bersekolah apabila anak sudah menginjak usia 7 tahun.

Alasannya karena pertimbangan mendalam terhadap mental anak-anak untuk belajar.

2. Setiap 45 Menit Belajar Siswa Berhak Mendapatkan 15 Menit Waktu Istirahat

Inilah yang unik dari sistem belajar di Finlandia. Setelah pembelajaran selama 45 menit berakhir, maka siswa berhak untuk mendapatkan waktu 15 menit untuk istirahat.

Mereka beranggapan bahwa kemampuan terbaik siswa untuk bisa membangun fokus dan menyerap ilmu baru akan datang jika ada kesempatan untuk mengistirahatkan otak.

Dan waktu belajar di sekolah Finlandia tidak lebih dari 5 jam sehari.

3. Semua Sekolah Negeri Bebas Biaya dan Sekolah Swasta Diatur Secara Ketat Supaya Tetap Terjangkau

Di Finlandia tidak perlu pusing mencari sekolah, karena disana semua sekolah berkualitas. Tidak ada kompetisi antar sekolah sehingga tidak ada istilah sekolah terbaik.

Semua sekolah negeri gratis dan sekolah swasta pun diatur secara ketat oleh pemerintah supaya biayanya terjangkau dan tidak membebankan.

Bukan hanya biaya pendidikannya saja yang gratis, tetapi pemerintah Finlandia pun menyediakan transpotasi sekolah, makan siang dan biaya kesehatan gratis juga.

4. Pemerintah Membiayai Semua Guru Untuk Mendapatkan Gelar Master

Peranan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan sangatlah penting. Sehingga pemetintah Finlandia memberikan biaya gratis pada semua guru untuk mendapat gelar master.

Dan semua guru mulai SD sampai SMA wajib mendapat gelar master dan thesis yang sudah dipublikasikan.

Selain mendapat biaya pendidikan S2 gratis, gaji guru pun termasuk jajaran pendapatan paling tinggi di Finlandia. Bahkan 2 kali lipatnya dari pendapatan guru di USA.

5. Tidak Ada Ujian Nasional

Tidak ada UN di Finlandia, karena pemerintah percaya bahwa guru lebih paham tentang kurikulum dan cara terbaik menilai murid-muridnya.

Karena sistem pendidikan yang fleksibel inilah sehingga guru bisa mengembangkan potensi siswa-siswinya secara maksimal.

6. Jam Sekolah Lebih Pendek

Selain memiliki waktu istirahat yang panjang, waktu belajar di sekolah pun relatif lebih pendek jika dibandingkan dengan negara lain, yaitu hanya 4-5 jam per hari.

Dan untuk siswa SMP dan SMA di Finlandia sudah menggunakan sistem pembelajaran layaknya kuliah.

Mereka akan datang dan belajar hanya pada pelajaran yang mereka pilih saja.

7. Tidak Ada Sistem Ranking Atau Peringkat di Sekolah

Tidak ada sistem ranking artinya tidak ada kompetisi antar siswa. Sehingga tidak menimbulkan diskriminasi antara siswa pintar dan kurang pintar. Mereka yakin bahwa semua siswa seharusnya mendapat ranking satu.

Itulah resep rahasia kenapa negara kecil di Eropa ini masuk dalam salah satu negara dengan peringkat sistem pendidikan terbaik dunia.

Mungkin negara kita tidak sepenuhnya bisa meniru sistem pendidikan negara lain.

Tapi setidaknya ini bisa menjadi perbandingan dan pembelajaran antara sistem pendidikan di Indonesia dan sistem pendidikan negara yang mendapat predikat terbaik dunia.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Lebih Dekat Sistem Pendidikan Di Finlandia"

Post a Comment