10 Kesalahan Orang Tua Yang Sering Dilakukan Dalam Mendidik Anak

Setiap orang tua pasti menginginkan agar anak-anaknya menjadi anak yang soleh, penurut, tidak manja, dll. Dan setiap orang tua pasti menginginkan dirinya menjadi orang tua teladan.

Karena banyaknya keinginan dan harapan dari sang anak sehingga terkadang orang tua melakukan kesalahan dalam mendidik anak.
10 kesalahan orang tua dalam mendidik anaknya
Ilustrasi kesalahan dalam mendidik anak
Gambar: www.ummi-online.com

Sehingga menimbulkan hal-hal yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan seperti anak menjadi pendiam, pembangkang, mudah marah, suka minder, dll.

Cara mendidik anak yang kurang baik akan berakibat buruk pada karakter anak dimasa depan. Meskipun memang bisa saja ada pengaruh dari luar, tapi pengaruh dari dalam keluarga juga sangat kuat.

Anak merupakan titipan dari Allah yang harus dijaga dan dididik dengan pendidikan yang baik dari orang tuanya.

Ada beberapa kesalahan dalam mendidik anak yang harus dihindari oleh para orang tua supaya anak bisa menjadi anak sholeh dan memiliki akhlak yang baik.

10 Kesalahan orang tua dalam mendidik anak

Berikut 10 kesalahan orang tua dalam mendidik anak-anak yang harus dihindari yang Caredoks rangkum dari berbagai sumber.

1. Memberikan pendidikan yang tidak seimbang
Banyak sekali orang tua zaman sekarang yang lebih mementingkan pendidikan umum di sekolah daripada pendidikan keagamaan.

Seolah-olah pendidikan agama dan moral tidak begitu penting. Sehingga banyak orang tua yang begitu gembira saat anaknya mendapat prestasi terbaik di bidang matematika, seni, sains dsb, tapi mereka tidak memperhatikan pendidikan agama.

Sehingga tak aneh jika sekarang banyak anak yang berperilaku buruk baik terhadap orang tua maupun gurunya di sekolah.

2. Mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas dan suka membanding-bandingkan anak
Mengeluarkan kata-kata yang tidak baik saat marah, baik itu kata-kata kasar, cacian atau makian saat anak melakukan kesalahan itu sangat buruk dampaknya pada psikologi anak. Dan hal ini wajib dihindari para orang tua.

Dan kesalahan lain yang sering dilakukan orang tua yaitu selalu membanding-bandingkan anak sendiri dengan saudaranya atau anak orang lain.

3. Tidak tegas dalam mendidik anak
Karena sangat sayangnya orang tua terhadap anak sehingga mereka terkadang sulit memberikan ketegasan terhadap anak. Dan akhirnya anak menjadi pembangkang dan tidak nurut.

4. Kurangnya pengawasan terhadap anak
Bagi para pekerja karir terkadang waktu dihabiskan untuk bekerja dan tak ada waktu untuk mengawasi anak.

Padahal pengawasan terhadap anak sangatlah penting supaya tidak terkena dampak buruk dari lingkungan luar maupun dari tontonan-tontonan yang tidak pantas.

5. Tidak mengajarkan kebiasaan yang baik di rumah
Banyak sekali orang tua yang acuh dan tidak pernah mengajarkan kebiasaan baik pada anaknya.

Kesalahan terbesar mereka adalah tidak pernah mengajarkan anaknya tentang tata krama, memberi dan membalas salam, shalat berjamaah, dll.

6. Kurang memberi sentuhan kasih sayang kepada semua anak
Banyak anak yang kurang hormat dan kurang sekali rasa sayang terhadap orang tuanya karena kurangnya rasa perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya.

Atau bahkan seringkali ada orang tua yang hanya menyayangi sebagian atau salah satu anaknya saja. Sehingga timbul kecemburuan sesama saudara.

7. Terlalu bergantung kepada pembantu rumah tangga untuk mendidik anak-anak
Di era modern seperti sekarang banyak orang tua yang tidak punya waktu untuk anaknya sehingga mereka memberikan sepenuhnya hak asuh dan pendidikan anaknya pada pembantu. Padahal pendidikan anak adalah tanggung jawab penuh orang tuanya.

8. Bertengkar di depan anak-anak
Karena emosi yang memuncak terkadang orang tua tak peduli bertengkar di depan anaknya.

Kesalahan ini bisa menyebabkan anak-anak tertekan dan membenci salah seorang baik ibu atau bapaknya. Bahkan banyak anak yang broken home dengan latar belakang sering melihat orang tuanya bertengkar.

9. Penampilan diri yang kurang baik dan kurang pantas
Orang tua adalah contoh bagi anak-anaknya. Maka dari itu selain memperhatikan penampilan anaknya, orang tua harus terlebih dahulu memberikan contoh yang baik. Apalagi penampilan bagi anak perempuannya.

10. Terlalu egois sehingga tidak pernah memahami perasaan anak
Banyak orang tua yang egois yang selalu menuntut pada anak-anaknya untuk ini dan itu tanpa melihat dan memahami perasaan anaknya. Sehingga membuat anak jadi tertekan dan stress.

Itulah beberapa kesalahan orang tua dalam mendidik anak yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Mudah-mudahan ini bisa jadi renungan bagi para orang tua untuk bisa lebih baik lagi dalam memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya. Semoga bermanfaat....!!!!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Kesalahan Orang Tua Yang Sering Dilakukan Dalam Mendidik Anak"

Post a Comment