Beberapa Faktor Yang Menjadi Penyebab Seseorang Menjadi Pendiam

Di dalam kehidupan sehari-hari sering kita menemukan orang-orang yang memiliki sifat pendiam baik itu di lingkungan masyarakat, sekolah atau dalam lingkungan kerja.

Bagi sebagian orang, orang pendiam itu selalu dianggap membosankan, disangka sombong dan bahkan sering dikucilkan.

Banyak sekali orang yang tidak memahami perasaan orang pendiam. Dan hanya sesama pendiamlah mereka bisa saling memahami. Karena memahami perasaan dan pemikiran orang pendiam sangatlah rumit bagi yang bukan pendiam.

Faktor anak pendiam itu bisa disebabkan oleh berbagai hal yang mempengaruhinya. Baik itu dari faktor internal maupun faktor eksternal.

Faktor yang menjadi penyebab seseorang menjadi pendiam
Orang pendiam lebih senang menyendiri
Gambar: kompasiana.com

Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menjadi pendiam

Faktor pendiam bisa disebabkan oleh berbagai hal, terkadang memang turunan dari sifat orang tua, sering diacuhkan atau dihina orang lain, sering tertekan atau bisa saja karena ada yang salah dalam didikan orang tua.

Inilah beberapa faktor internal dan eksternal yang Caredoks himpun dari blog priana13.worpress.com

Faktor Internal

1. Sikap diri yang tertutup dengan orang lain
Memiliki sikap diri yang tertutup terhadap orang lain seringkali membuat seseorang lebih suka menyendiri di tempat sepi dari keramaian.

Setiap ada masalah apapun lebih sering dipendam dan dihadapi sendiri.

2. Merasa enggan saat berbuat
Memiliki perasaan enggan atau sungkan dalam melakukan suatu hal dapat menyebabkan sesorang tidak pandai untuk menyampaikan suatu pendapat atau bahkan ragu-ragu dalam berbuat.

Perasaan ini akan timbul biasanya karena ada kesenjangan sosial baik berupa materi ataupun kekurangan dari segi fisik.

3. Merasa malu terhadap orang lain
Memiliki rasa malu itu memang baik. Tapi ada kalanya memiliki rasa malu yang berlebihan bisa berdampak kurang baik.

Misalnya saja ketika disuruh melakukan sesuatu hal yang baik, seperti guru meminta seseorang untuk presentasi di depan, tapi siswanya tidak mau melakukannya karena malu.

Ini merupakan sifat malu yang negatif. Dan bisa menjadi penyebab seseorang menjadi pendiam.

4. Acuh terhadap lingkungan
Sikap tak peduli dan acuh terhadap lingkungan sekitar bisa menyebabkan seseorang kurang peka terhadap apa-apa yang terjadi di sekitarnya.

Kebanyakan orang pendiam selau acuh pada sekitar. Bisa karena menganggap hal itu tidak penting, atau bahkan karena selalu dikucilkan dan tidak dianggap oleh orang lain sehingga membuat dia acuh terhadap orang lain.

5. Keterbatasan
Memiliki keterbatasan dalam suatu hal baik itu berupa materi, kemampuan ataupun kekurangan dalam segi fisik membuat seseorang merasa minder.

Hal inilah biasanya yang membuat seseorang menjauh dari orang lain dan akhirnya menjadi seorang yang pendiam.

6. Menganggap sikap diam sebagai kepribadian yang baik
Ini mungkin bisa saja terjadi pada seorang pendiam yang beranggapan bahwa diam itu merupakan sifat yang baik, meskipun hal ini jarang terjadi pada seseorang.

Hal ini bisa saja dipicu dari pemahaman yang kurang tepat dari pribahasa "Diam itu emas" atau dari pemahaman-pemahaman lainnya.

Faktor External

1. Sikap yang diberikan di masa kecil
Faktor terbesar yang dapat mempengaruhi karakter seorang anak menjadi pendiam adalah apa yang dialami dan didikan yang diberikan oleh orang tuanya.

Terkadang didikan orang tua yang salah bisa berakibat buruk pada anak, salah satunya menjadi pendiam.

Misalnya saja ada sikap diskriminasi atau berat sebelah orang tua terhadap anak-anaknya, orang tua terlalu mengekang, harus selalu menuruti apapun keinginan orang tua tanpa memahami perasaan anaknya.

2. Tidak dipedulikan orang sekeliling
Merasa dikucilkan, tidak diakui dan tidak dipedulikan oleh orang lain bisa menyebabkan seseorang menjadi jiwa yang pendiam.

Banyak sekali terjadi orang yang pendiam dijauhi dan tidak dianggap oleh orang-orang di lingkungannya. Hal ini bisa membuat orang pendiam bepikir untuk tidak membutuhkan orang lain dan berusaha menghadapi sendiri apapun yang terjadi.

3. Kegagalan
Kegagalan yang bertubi-tubi terkadang membuat seseorang menjadi minder dan berusaha menjauh dari orang lain. Lama kelamaan menjadi enggan berbicara dengan orang lain dan akhirnya bisa menjadi pendiam.

Padahal semestinya kegagalan itu bisa dijadikan pemicu dan penyemangat untuk bangkit dan bisa sukses. Karena setiap orang yang sukses pasti pernah mengalami banyak kegagalan.

Itulah beberapa penyebab yang bisa menjadikan seseorang menjadi pendiam. Semoga saja orang-orang yang ada di lingkungannya bisa lebih memahami lagi karakter orang pendiam.

Dekatilah dan ajaklah orang pendiam supaya bisa bergaul dan menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Karena orang pendiam jika dijauhi atau bahkan disakiti bisa saja berakibat buruk seperti bom waktu yang bisa kapan saja meledak.

Sangat berbahaya sekali jika orang pendiam sudah tidak bisa menahan emosi dan gejolak di dalam jiwanya apabila terusik. Banyak terjadi kejahatan yang jauh di luar dugaan dan dan lebih parah dari penjahat biasa, seseorang yang berlatar belakan orang pendiam dan terlihat baik.

Semoga masyarakat bisa lebih bijak lagi dan memahami karakter orang pendiam supaya mereka bisa merasa diakui dan emosinya tetap terkontrol.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Beberapa Faktor Yang Menjadi Penyebab Seseorang Menjadi Pendiam"

Post a Comment