Manfaat Shalat Bagi Tubuh Menurut Sains

Shalat merupakan salah satu ibadah yang wajib dikerjakan oleh seorang Muslim baik laki-laki dan perempuan yang sudah baligh dan berakal.

Salat merupakan media yang bisa dijadikan penguat hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta yaitu Allah SWT.

Manfaat shalat bagi tubuh manusia menurut studi ilmiah
Ilustrasi gerakan shalat
Gambar: muslimtalk.co

Dan ternyata dibalik gerakan shalat ini ada banyak rahasia yang terkandung di dalamnya dan memiliki beberapa manfaat bagi tubuh kita.

Rahasia gerakan shalat bagi tubuh manusia menurut penelitian ilmiah

Seperti yang dilansir oleh Radianceweekly bahwa gerakan dalam shalat bisa meningkatkan kebugaran dan kesejahteraan emosional, serta mengurangi depresi dan kecemasan.

Dan energi yang dikeluarkan dalam melakukan gerakan shalat pun lebih kecil dibandingkan dengan melakukan olah raga atau latihan kebugaran.

Biasanya dalam melakukan olah raga atau latihan kebugaran untuk meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh, kalori yang dibakar antara 500-700 kalori. Sehingga cara ini membuat tubuh menjadi lelah.

Jika dibandingkan dengan shalat yang hanya membutuhkan energi sedikit, tapi memiliki khasiat bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi kelelahan.

Shalat juga bisa meningkatkan efisiensi pernapasan, sirkulasi di pembuluh darah yang mengelilingi 'alveoli' (kantung udara) dalam paru-paru.

Hal ini akan membawa pertukaran gas yang ditingkatkan dan bernapas lebih dalam.

Peningkatan konsumsi oksigen ini membuat orang merasa lebih baik.

Gerakan yang diulang-ulang dan teratur selama melaksanakan shalat dapat meningkatkan kekuatan otot dan daya tendon.

Tidak hanya itu, dengan salat pelumasan sendi dapat meningkat dan gerakan dalam shalat dapat mempertahankan fleksibilitas tubuh.

Gerakan-gerakan ini diketahui mencegah penyakit jantung koroner, meningkatkan asupan oksigen maksimum, memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah.

Temuan ini adalah hasil dari penelitian Dr. Herbert Bensen dari Harvard University.

Menurut Dr. Bensen, pengulangan konstan dari bacaan ayat-ayat suci Alquran dan zikir, ditambah juga dengan aktivitas otot dapat menyebabkan respon relaksasi yang mengarah kepada penurunan tekanan darah, penurunan konsumsi oksigen serta penurunan jantung dan pernapasan.

Sumber: techno okezone

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Shalat Bagi Tubuh Menurut Sains"

Post a Comment